Diskusi Indonesia - Amrik

Indonesia-United States Stocktaking Meeting on Civic Engagement and Transparency in Governance


Jum’at (6/5) kemarin saya bersama mas Iskandar Saharudin menghadiri undangan dari Bappenas terkait acara Indonesia-United States Stocktaking Meeting on Civic Engagement and Transparency in Governance. Seperti namanya, pertemuan ini bertujuan untuk menginventarisasi kondisi Indonesia dan Amerika Serikat tentang keterlibatan warga masyarakat dan transparansi dalam tata kelola pemerintahan.

Acara terbatas yang diselenggarakan di kantor Bappenas, Jl Taman Surapati No 2 Jakarta ini diikuti oleh perwakilan Bappenas, termasuk ibu menteri Prof. Armida S. Alisjahbana hadir, CSO Indonesia yang diwakili mas Sapei Rusin dari Pergerakan, USAID dan International Republican Institute (IRI).

Dalam sesi pertama, DR. Siliwanti sebagai Direktur Politik dan Komunikasi Bappenas memaparkan tentang “Enabling Environment: Regulatory Framework for Citizen Engagement from Indonesian Perspective”. Beginilah kira-kira rangkumannya:
  1.  Indonesia has come a long way from the distrust, centralization and bad governance practices of the authoritarian governments of the past;
  2. There is much excitement about the new oppurtunities arising from regional autonomy and democratization, and people are seizing them eagerly;
  3. Government and civic society are moving towards a participatory and meaningful democrazy that can provide equality and welfare for all citizens.
Sesi selanjutnya pemaparan dari Mas Sapei dari Pergerakan yang berjudul Indonesian Perspective on Civil Society Engagement in Participatory Governance. Di awal pemaparannya dia menjelaskan terkait pernyataan apakah proses transisi berhasil mewujudkan masyarakat yang demokratik atau malah megalami titik baliknya/pembusukan dapat diukur dari salah satunya adalah :

“Sejauh mana pemerintahan baru yang berkuasa mampu melakukan perubahan2 sosial,politik, dan ekonomi yang mendasar sesuai dengan tuntutan masyarakat khususnya yang menyangkut kepentingan kaum miskin.”

Pemaparan selanjutnya dari USAID yang diwakili oleh Director of DG, Miles F Toder dan dari IRI oleh Robert Cushing.


Jakarta, 6 Mei 2011
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana Kuliah S3

Umumnya, orang akan membayangkan suasana perkuliahan program Doktoral atau Strata Tiga itu menyeramkan. Faktanya, justru suasananya lebih sa...