Surat Pembaca


Prihatin Kondisi Susukan Margaasih


Sungai tercemar
Sebagai warga masyarakat di lingkungan Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung, saya merasa prihatin atas kondisi sungai kecil (susukan) di depan SMPN 1 Margaasih. Warna airnya yang hitam pekat, kotor dan baunya sangat jelas menandakan sudah tercemar dengan limbah. Kondisi ini sangat berbahaya karena berada di depan sekolah dan puskesmas. Kedua sarana vital dalam menopang kebutuhan dasar manusia. Sangat ironi ketika di depan sarana tersebut mengalir susukan yang airnya tercemar limbah. Akibatnya, kenyamanan masyarakat di lingkungan sekitar menjadi sangat terganggu.

Dengan surat ini saya mengetuk hati khususnya kepada Bapak Bupati Kabupaten Bandung untuk menindak tegas pihak-pihak yang melakukan pencemaran limbah terhadap susukan tersebut. Hal ini tidak bisa dibiarkan berlarut karena limbah mengalir tepat berada di depan sekolah dan puskesmas. Masa depan generasi kita harus diselamatkan dari sekarang. Jangan biarkan pihak-pihak yang membuang limbah secara sembarangan mengeruk untung dari usahanya, sementara anak-anak yang bersekolah harus menutup hidung setiap hari karena bau busuk susukan, dan warga yang pergi ke Puskesmas tidak sembuh-sembuh lantaran sumber penyakit berada di depan tempatnya berobat.

Demikian surat ini saya sampaikan dan tidak lupa ucapan terima kasih kepada Pikiran Rakyat yang telah mempublikasikan tulisan ini. Wassalam.


Ramlan Nugraha
(Identitas terlampir)

Suasana Kuliah S3

Umumnya, orang akan membayangkan suasana perkuliahan program Doktoral atau Strata Tiga itu menyeramkan. Faktanya, justru suasananya lebih sa...