Training Pengelolaan Budgetting Resources Center-FITRA


Twin Plaza Hotel Jakarta, 29-31 Desember 2009

Akhir tahun 2009 saya mengikuti Training of Trainer (ToT) Pengelolaan Budgetting Resource Center (BRC) di Jakarta. Training ini diadakan oleh Forum Transparansi untuk Indonesia (FITRA) bekerja sama dengan The Ford Foundation. Acara ini khusus diikuti oleh NGO yang bergerak di bidang anggaran dalam lingkup nasional.

NGO yang hadir berasal dari Bandung, Jakarta, Kebumen, Makassar, Sukabumi, Sumedang, Depok, Yogyakarta, Tuban dan Madiun. Total peserta yang hadir adalah 17 orang, 12 laki-laki dan 5 perempuan.

Alhamdulillah, walaupun waktunya tidak terlalu lama, cukup bagi saya untuk memahami tujuan yang diharapkan dari ToT ini. Pertama, penguasaan di bidang pengelolaan resources center sebagai pusat data,informasi, dan advokasi anggaran serta kemampuan menggunakan software Simranda versi 1.4 sebagai perangkat khusus menganalisis anggaran pemerintah kota/kabupaten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana Kuliah S3

Umumnya, orang akan membayangkan suasana perkuliahan program Doktoral atau Strata Tiga itu menyeramkan. Faktanya, justru suasananya lebih sa...